WINGS ☎️ 0822 3333 1338

PENGADUAN ☎️ 0811 3051 0088

     Memperbaiki penampilan dengan bedah plastik , tidak perlu jauh-jauh lagi . Telah hadir Klinik Bedah Plastik EstetIK dan Rekonstruksi di RSUD Ngudi Waluyo WlingiApa saja sih layananya ? Yuk kenal lebih dekat dengan Layanan Bedah Plastik Estetik dan Rekonstrusi bersama dr . Diana Murtiati Kusuma , M.Ked.Klin , Sp. BP-RE

     Menurut dr . Diana Murtiati Kusuma , M.Ked.Klin , Sp. BP-RE  operasi plastik atau bedah plastik ini memiliki dua cabang. Yakni bedah plastik estetik (kosmetik) dan bedah rekonstruksi. Dan sesuai namanya, operasi rekonstruksi bertujuan untuk mengoreksi kecacatan pada bagian tubuh. Cacat tersebut dapat terbentuk sejak lahir atau karena kecelakaan. Operasi atau bedah rekonstruksi dilakukan untuk alasan medis.

     Ada banyak penyakit yang ditangani dengan bedah rekonstruksi. Sementara itu, operasi kosmetik dilakukan untuk meningkatkan penampilan fisik seseorang, mulai dari bagian kepala hingga bagian kaki. Bedah Plastik Rekonstruksi:

     Tindakan Bedah nyang mengkhususkan diri untuk menangani deformitas (Kelainan bentuk) dan defek2 pada kulit, jaringan lunak, dan rangka muskulo-skeletal/dibawahnya akibat trauma, penyakit infeksi, keganasan ataupun kelainan bawaan (keperluan rekonstruksi) mengembalikannya menjadi  bentuk dan fungsi yang mendekati  normal.

     Jenisnya pun dapat beragam, seperti facelift atau rhytidectomy (penghilangan kerutan di wajah), pembesaran payudara, hingga rhinoplasty atau nose-job (untuk mempercantik hidung). Walau namanya operasi estetik, tak semua tindakan ini melibatkan “operasi”.

     “Manfaat dari operasi bedah plastik rekonstruksi adalah sebuah tindakan medis yang dilakukan untuk mengubah atau membantu mengembalikan fungsi normal pada bagian fisik yang cacat sejak lahir atau cacat karena trauma kecelakaan. Misalnya memperbaiki kecacatan pada kelainan bibir sumbing, jari ganda, luka kecelakaan dan lainnya,”

     Sedangkan operasi bedah plastik estetik, lanjut dia, merupakan tindakan medis yang fokus lebih pada pembenahan fisik yang sehat (tidak cacat), dengan tujuan mencapai tampilan yang lebih menarik (harmoni) sesuai dengan keinginan pasien itu sendiri. Seperti memperindah bentuk alis, mata, kelopak mata, hidung, dagu, penyempurnaan bentuk tulang pipi, serta perbaikan payudara.

     Tindakan bedah elektif yang bertujuan untuk memperbaiki bagian tubuh yang “kurang sempurna” atau “kurang indah”. Pembedahan sesuatu yang hakekatnya normal dan mengubahnya menjadi sesuatu yang diinginkan oleh yang bersangkutan. ‘Memperbaiki’ dengan cara mengurangi (yang berlebih), menambah (yang kurang), membentuk dan mengatur kembali (yang tidak teratur) untuk mendapatkan fungsi dan bentuk yang lebih baik secara pembedahan.

     Saat ini, dengan ilmu kedokteran yang semakin maju dan perangkat medis yang semakin canggih, operasi plastik tidak lagi menjadi hal yang menakutkan. Sebaliknya, operasi bedah plastik estetik justru kian diminati masyarakat untuk memperbaiki penampilannya, supaya lebih terlihat cantik atau ganteng sesuai keinginan. Intinya supaya kepercayaan diri meningkat.

     Tuntutan gaya hidup inilah yang kerap membuat seseorang memutuskan untuk menambah keindahan ideal pada bagian wajah secara instan. Akan tetapi, setiap tindakan operasi dan tindakan bedah plastik selalu ada risiko-risiko yang harus diketahui (dipertimbangkan). Sebab jika tidak hati-hati atau dilakukan dengan gegabah, tindakan operasi plastik justru dapat memicu efek samping yang cukup parah

     Jika masih ragu atau bimbang, jangan segan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli yang secara keilmuan memiliki pengetahuan memadai tentang bedah plastik. Di RSUD RSUD Ngudi Waluyo Wlingi  sudah bisa melayani konsultasi bedah plastik rekonstruksi maupun bedah plastik estetik.

Jadwal Layanan Klinik Bedah Plastik Estetik dan Rekonstruksi RSUD Ngudi Waluyo Wlingi

Senin – Kamis  jam 07.00 – 14.00

Jumat – Sabtu  jam  07.00 – 11.00

 Layanan :

REKONSTRUKSI

  • HAND & MICROSURGERY (Operasi bedah tangan : syndactyly, makrodactyly, polidactyly, trauma di tangan dan mikro : flap, free flap, sambung pembuluh darah, sambung jari/tangan atau anggota tubuh lainnya)
  • BURN SURGERY (Luka bakar)
  • CRANIOFACIAL SURGERY (Operasi pada wajah trauma/ non-trauma : bibir sumbing, kelainan anggota tubuh, hypospadia, )
  • GENERAL PLASTIC SURGERY (operasi umum, luka dekubitus, luka diabetik, luka akut, luka kronis)

ESTETIK

  • WAJAH (rhinoplasty, face lift, blepharoplasty upper dan lower, mentoplasty dll)
  • PAYUDARA (Mammoplasty, breast reduction, augmentation mammosplasty, breast reconstruction post-masektomi)
  • TUBUH (Abdominoplasty, liposuction, fat transfer, dll)
  • PRP (PROTEIN RICH PLASMA untuk kerutan, bekas jerawat, peremajaan kulit, growing hair. dll)
  • THREAD LIFT (TARIK BENANG), Dermal filler, botox

( PKRS Ngudi Waluyo 2021)

Copyright © 2023 RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. All Rights Reserved.