WINGS ☎️ 0822 3333 1338

PENGADUAN ☎️ 0811 3051 0088

Merawat kulit tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kondisi kulit. Makanya apa yang cocok dipakai oleh teman, belum tentu memberikan hasil yang sama di kulit kita. Ini semua tergantung pada jenis dan permasalahan kulit yang kita hadapi.

Tahukah Kamu Jika Kondisi Kulit Dipengaruhi oleh Usia?

Hal yang orang jarang ketahui adalah, kondisi kulit dipengaruhi oleh usia. Itu sebabnya produsen kosmetik mengeluarkan produk bermacam-macam, tergantung pada usia dan masalah kulit yang hendak diatasi. Misalnya, kulit kusam, jerawat, keriput, dan permasalahan lainnya.

Perbedaan kondisi kulit mengharuskan kita merawat dengan cara berbeda. Secara umum, berikut ini perbedaan kondisi kulit dan perawatan yang dianjurkan sesuai usia:

1. Usia 20an

Pada rentan usia 20an, seseorang cenderung lebih aktif sehingga rentan terpapar radikal bebas yang memicu berbagai permasalahan kulit, seperti komedo dan jerawat. Sebut saja sinar UV matahari, polusi udara, dan debu. Tak heran jika pada usia ini, banyak orang mulai membiasakan diri untuk merawat kulit.

Perawatan kulit pada usia 20an tergolong mudah. Kamu hanya perlu rutin mencuci wajah (maksimal 2 kali sehari) menggunakan produk pembersih wajah sesuai jenis kulit. Tujuannya untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati, sekaligus melembapkan kulit.

Jika tipe kulit kamu tergolong berminyak dengan pori-pori yang besar sehingga mudah jerawatan, coba perawatan di klinik kecantikan  seperti menggunakan laser . Kombinasi perawatan ini bisa membantu membersihkan kulit, mengecilkan kelenjar minyak, hingga mengurangi pigmentasi pada kulit.

2. Usia 30an

Tanda penuaan mulai tampak pada usia 30an, seperti kulit kusam, tidak elastis, dan tampak mengendur. Hal ini terjadi karena produksi kolagen dan elastin cenderung menurun, sehingga garis-garis halus mulai bermunculan pada kulit. Pembaruan sel juga terus menurun, menyebabkan kulit kusam dan warna kulit tidak merata. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Sebaiknya rutin gunakan pembersih, pelembap, dan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat beraktivitas. Kita juga bisa memakai produk anti aging, seperti masker dan peeling untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

3. Usia 40an

Tanda penuaan semakin tampak, berupa kulit kusam, garis-garis halus, hingga bintik hitam di wajah. Kondisi ini terjadi karena adanya penipisan kulit seiring bertambahnya usia, yang membuat kulit menjadi lebih sensitif, kering, berminyak, atau kemerahan. Bintik-bintik hitam pada wajah juga semakin menonjol pada permukaan kulit.

Perawatan pada usia ini biasanya berfokus pada upaya mencegah tanda-tanda penuaan. Salah satunya dengan penggunaan krim anti aging.

4. Usia 50an

Kulit menjadi kendur dan keriput semakin terlihat jelas. Pada usia ini, pelindung lapisan penghalang lipid mulai berkurang, sehingga kulit tidak mampu mempertahankan kelembapan dan sensitivitasnya. Apa yang harus dilakukan? Tetap jaga kelembapan kulit dan pastikan kamu menggunakan tabir surya minimal SPF 30 sebelum beraktivitas.

Copyright © 2023 RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. All Rights Reserved.