Memiliki berat badan yang ideal dan normal menjadi implan banyak orang. Semua mungkin didapatkan dengan langkah-langkah yang aman. lnilah beberapa cara yang aman untuk menurunkan berat badan.
 
1.    Minum air yang cukup

Air merupakan faktor penting dalam metabolisme tubuh. Semakin banyak kandungan air dalam tubuh kita maka akan semakin keras kerja tubuh untuk menggunakan air dan membakar kalori pada tubuh. Air akan mengatasi rasa lapar yang sering tiba-tiba muncul. Air juga dapat menjadi pengganti cemilan yang sering dikonsumsi ketika lapar sebelum waktu makan tiba. Biasakanlah untuk minum air sebelum makan Karena konsumsi air minum sebelum makan dapat mengurangi porsi makan Anda dan memberikan rasa kenyang.

2.    Sarapan setiap hari

Cara menurunkan berat badan yang aman dan efektif bukanlah dengan tidak makan pagi atau sarapan. Faktanya, orang yang tidak sarapan akan memiliki konsumsi dan nafsu makan lebih besar dibandingkan dengan orang yang sarapan. Rasa lapar akibat tidak sarapan juga dapat membuat Anda mudah sakit dan lelah, sehingga kebutuhan makan Anda pun semakin meningkat. Hasilnya bukanlah mendapatkan penurunan badan, malah kebalikannya Anda akan kesulitan mengontrol nafsu makan. Jadi, tetaplah sarapan dan biasakan untuk sarapan makanan-makanan yang mengandung protein tinggi namun rendah lemak.

3.    Hindari makanan dan minuman tinggi kalori

Makanan serta minuman manis yang mengandung kalori tinggi tidak baik untuk metabolisme tubuh Anda. Kalori dalam tubuh akan terlalu tinggi dan menyebabkan terjadinya obesftas. Gantilah minuman manis kemasan dengan air putih atau jus hindarilah kue-kue seperti brownies, donat, tart, cokelat,dan eskrim.

4.    Mengunyah makanan dengan cepat

Makanan yang dikunyah dengan lebih lama dan sampai halus benar dapat membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih rendah. Studi lain juga telah menunjukan bahwa saat mengunyah dengan lama, akan ada waktu yang cukup bagi perut untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Rasa kenyang akan muncul walau makananyang kita makan tidak sebanyak porsi biasa. Jumlah kunyahan ideal untuk satu suap makananadalah sekitar 32 hingga 50 kali kunyahan. Silahkan anda mencoba dan merasakan efektivitasnya

5.    Hindari makan malam lebih dan pukul 19.00

Makan lewat pukul 19.00 merupakan waktu ketika Anda sudah minim aktivitas. Keadaan ini menyebabkan makanan yang Arda konsumsi akan menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu,hindarilah mengkonsumsi makanan dan camilan di waktu malam. Gosoklah gigi untuk membuat Anda enggan menhgonsumsi makanan di malan hari.

6.    Mengaturi jenis makanan yang dikonsumsi

Dalam menurunkan badan, Anda harus memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi serta kandungan gizinya. Pastikan tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak jahat tinggi dan gula tinggi. Cukupi kebutuhan serat dan buah-buahan dan sayuran hijau untuk memudahkan proses pencernaan.

7.    Olahraga

Olahraga merupakan cara terbaik dan aman untuk menurunkan berat badan Anda dengan efektif. Pola hidup yang lebih sehat dengan berolahraga akan membuat timbunan lemak akan berkurang sehingga berat badan pun berkurang jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan diantaranya adalah bersepeda, berenang, dan Ian.

8.    Istirahat yang cukup

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda juga mengatur waktu istirahat yang cukup. Secara umum orang dewasa harus tidur selama 8 jam dalam sehari. Kurang tidur justru akan memicu terjadinya obesitas atau kegemukan.

9.    Hindari konsumsi makanan yang digoreng

Meskipun rasanya nikmat dan cocok untuk menemaniberbagai aktivitas sehari-hari, namun gorengan juga menjadi salah satu penyebab masalah kegemukan. Maka dari itu, kurangilah konsumsi makanan yang digoreng dan lebih seringlah mengonsumsi jenis makanan yang dikukus atau direbus.

Nah itu tadi adalah beberapa tips untuk menurunkan berat badan secara alami dan mudah dilakukan. Selamat Mencoba beberapa tips yang tadi kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil menurunkan berat badan. (LCP)