Pijat Bayi di Poliklinik Tumbuh Kembang RSUD Ngudi Waluyo Wlingi

Pernah kerepotan mengatasi bayi yang rewel dan sulit tidur? Sering kembung atau berat badan bayi tak kunjung naik? Saaatnya mencoba melakukan terapi pijat bayi. Tak perlu takut mencederai bayi. Pijat tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, tetapi juga bermanfaat bagi bayi. Tetapi, orang tua tidak boleh sembarangan ketika memijat buah hati. Hal ini disebabkan karena tubuh bayi masih sangat rentan. Pijat bayi ¡ni terkenal sebagai terapi tertua yang sangat baik untuk kesehatan buah hati. Pemijatan yang benar akan memperlancar peredaran darah, pernapasan dan suplai oksigen ke sel-sel tubuh, relaksasi, stimulasi otot, meningkatkan hormon pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh bayi, serta merangsang fungsi pencernaaan dan pembuangan.

Bagi orang tua yang berada di wilayah Blitar dan sekitarnya, saat ini di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi telah menyediakan pelayanan pijat bayi. Fasilitas ini disediakan bagi orang tua yang ingin memanjakan buah hati. Fasilitas pijat bayi berada bersama dengan Poliklinik Tumbuh Kembang RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Jadi, selain memijatkan bayi, orang tua dapat mengetahui bila ada gangguan fungsi gerak tubuh ataupun keterlambatan tumbuh kembang pada bayinya. Pada pelayanan pijat bayi di Poliklinik Tumbuh Kembang Anak, bayi tidak hanya mendapatkan pemijatan,namun juga dilakukan antropometri atau pengukuran yang meliputi berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar dada,lingkar perut maupun lingkar lengan yang semua hal tersebut berguna untuk menentukan tingkat pertumbuhan bayi.

Fasilitas pijat bayi di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi telah ada sejak 4 tahun ini. Fasilitas pijat bayi didukung tenaga terampil yang telah memiliki sertifikat nasional dan di bawah pengawasan dokter spesialis anak. Pemijatan dilakukan mulai kaki, paha, betis, perut, dada, wajah dan tangan dengan teknik yang sudah terstandardisasi dan dilakukan oleh tenaga yang kompeten. Pelayanan pijat bayi di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi dilaksanakan setuap hari Rabu dan Kamis pada jam kerja. Pasien mendaftar melalui poliklinik anak. Pemijatan bayi bisa dilakukan mulai usia baru lahir sampai 24 bulan atau 2 tahun. Selain itu, bila ditemukan adanya ketidaksesuaian pertumbuhan bayi, ada dokter spesialis anak yang selalu siap memeberikan pelayanan konseling dan penatalaksanaan yang tepat bagi buah hati.(mpw)