Si Teman Pintar (Sistem Pelayanan Management ICU Terpadu).

INOVASI ini perpaduan dari beberapa inovasi yang dilaksanakan di ruang icu puntadewa, yang bertujuan untuk

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan pada pasien icu
  2. Meningkatkan kepuasan pasien dan penunggu pasien terhadap pelayanan di ruang icu
  3. Meningkatkan presentasi kesembuahan pasien
  4. Menurunakan angka kematian
  1. Pelaksanaan inovasi Lakon Petruk Dadi Ratu, (Laporan Kondisi Pasien ICU Terkini dengan DPJP Langsung Diterapi Secara Terpadu)
  1. Setiap pasien masuk icu maka akan di laporkan pada oleh perawat jaga icu di dalam grup WA ICU
  2. Grup WA icu berangotakan semua perawat icu, semua dokter spesialis dan dokter umum yang merawat pasien di icu, apoteker dan nutrisionis
  3. Laporan konsidi pasien ini dilakukan setiap ada perubahan kondisi dan juga pada tiap shif jaga secara berkelanjutan selama 24 jam non stop
  4. Saat pasien dilaporkan di grup wa maka dokter spesialis penanggung jawab utama akan memberikan terapi pada pasien yang akan di tanggapi oleh dokter spesialis lain yang juga ikut merawat serta akan di tentukan oleh ahli gizi/nutrisionis untuk diet nya dan juga dokter spesialis akan berdiskusi dengan apoteker apabila mememrlukan obat tertentu yang peting untuk pasien
  5. Dengan ada nya diskusi di awal maka saat dokter spesialis melaksanakan pemeriksaan akan lebih memahami kondisi pasien dan lebih tepat dalam memberikan terapi
  6. Begitu juga diet nya tepat dan obatnya tepat
  1. Pelaksanaan inovasi Si PASIF (informaSi PASien tiap shIF)
  1. Kondisi pasien di icu akan di sampaikan pada keluarga pasien secara langsung apabila ada keluarga yang menunggu dan atau saat keluarga pasien tidak menunggu akan akan di sampaikan melalui pesan singkat WA atau telepun atau video call oleh perawat jaga dan juga dokter yang merawat dengan persetujuan penanggung jawab pasien
  2. Penyampaian kondisi ini dilakukan pada tiap shif jaga, sehingga kondisi pasien dan renacana tindakan akan termonitor oleh keluarga pasien
  3. Dengan komunikasi yang terjalin dengan baik maka akan menurunakan kecemasan keluarga pasien dan juga pasien terhadap penyakit yang di alaminya
  4. Sapa Bidadari

 

  1. Pelaksanaan Inovasi sapa bidadari (Salam Sapa Bincang Setiap Hari Dan Cari Solusi)

Kepala Ruang / Wakil dan atau Ketua TIM setiap hari menyapa dan berbincang dengan pasien dan keluarga pasien dengan tujuan

  1. Untuk mencarikan solusi pemecahan masalah pasien
  2. Untuk lebih dekat dengan pasien dan keluarga
  3. Untuk mengetahui perkembangan penyakit pasien
  4. Untuk mengetahui permasalahan pelayanan yang dialami oleh pasien
  5. Management complaint (proses penanganan, pengelolaan, menanggapi, dan pelaporan keluhan pelanggan) secara cepat dan tepat, sehingga apabila ada masalah tidak berlarut dan ada solusi terbaik untuk pemecahan masalah
  6. Untuk meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga terhadap pelayanan ICU
  7. Menurunkan kecemasan pasien dan keluarga

 

  1. Pelaksanaan inovasi Pelayanan ICU Tak Kenal Lelah (Tanggap Kenali Laporkan Lakukan Evaluasi Catatlah)

Perawat ICU selaku pemberi asuhan keperawatan langsung selalu menerapkan prinsip:

  1. Tanggap: tanggap terhadap kondisi pasien berdasarkan data subjektif dan objektif pasien
  2. Kenali: kenali tanda-tanda kondisi pasien yang membahayakan
  3. Laporkan: laporkan segera kepada DPJP/ Dokter jaga terkait kondisi pasien yang mengalami perubahan
  4. Lakukan: Segera lakukan intervensi dari DPJP apabila ada penambahan/ perubahan terapi
  5. Evaluasi: Evaluasi seluruh tindakan yang dilakukan, evaluasi setiap saat

 

  1. Pelaksanaan inovasi : Bimbingan Rohani dan Audio Siraman Rohani

Melakukan pendampingan spiritual kepada pasien dan keluarga sesuai dengan agama dan kepercayanan yang di anut dengan mendatangkan pemuka agama yang telah bekerja sama dengan RSUD Ngudi Waluyo Wlingi untuk membantu menurunkan kecemasan pasien dan keluarga

 

  1. Pelaksanaan inovasi DISKON (Diskusi Bareng Konco )

Melaksanakan refresh & update mengenai ilmu dan praktek keperawatan oleh semua perawat di ICU yang dilakukan secara bergiliran dan terjadwal setiap hari dan setiap bulan saat rapat ruangan, sehingga perawat akan termotivasi untuk mengupgrade diri tentang keilmuan perawatan intensive dan mampu menyampaikan hasil belajar kedalam kelompok, untuk meningkatkan kemampuan merawat pasien kritis di ruang ICU

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline maupun online

 

  1. Pelaksanaan inovasi Anggur Merah (Ruang Tunggu Rawat Inap Milenial Ramah Lengkap Dan Murah)

Rumah sakit menyediakan ruang tunggu bagi penunggu pasien ICU dengan fasitilas lengkap dan nyaman:

    1. Menyediakan Wifi gratis
    2. Banner promosi layanan dan inovasi rumah sakit
    3. Banner menu makanan dan harga serta nomer telp yang bisa di hubungi untuk memesan, dan layanan antar
    4. Banner layanan tranportasi untuk mengantar pasien dan atau keluarga pasien
    5. Tempat carger HP / laptop untuk penunggu pasien
    6. LCD (liquid crystal display) untuk memampilkan layanan rumah sakit
    7. Tempat duduk yang nyaman