WINGS ☎️ 0822 3333 1338

PENGADUAN ☎️ 0811 3051 0088

Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ( HALUN ) ke -26  tahun 2022 , RSUD Ngudi Waluyo Wlingi pada hari Selasa 14 Juni 2022 , mengadakan acara  Seminar Kesehatan dengan Tema Lansia Sehat Indonesia Kuat . Bertempat di Aula Gatutkaca avara  dibuka oleh Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi , dr Endah Woro Utama , MMRS  diikuti oleh 130 peserta dari Paguyuban Purnabhakti RSUD Ngudi Waluyo Wlingi .

Seminar ini membahas tentang bagaimana menjaga lansia tetap sehat jiwa dan raga . Hadir sebagai narasumber dr .Hesti Purwanti , Spesialis peenyakit dalam dan dr.Fatimah Spesialis Kedokteran Jiwa.

Seperti kita ketahui bersama banyak masalah kesehatan yang dialami para lanjut usia .Permasalahan yang dialami lanjut usia pada umumnya adalah menurunnya tingkat kesehatan dan fungsi motorik pada dirinya. Para lanjut usia pada umumnya juga mengalami hambatan untuk melakukan komunikasi baik dengan keluarganya maupun dengan lingkungannya, sehingga menjadikan lansia sebagai pihak yang inferior padahal ruang lingkup kehidupannya masih menunjang.

Seiring bertambahnya usia, kondisi kesehatan tubuh harus diperhatikan dengan. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, hal tersebut dilakukan agar kamu bisa bertahan hidup lebih lama. Saat beranjak menua, seseorang akan mengalami berbagai perubahan dari segi fisik maupun mental. Berkaitan dengan hal tersebut,  perlu melakukan penyesuaian pola hidup agar kesehatan saat berusia lanjut dapat terjaga dengan baik.

halun2022 2

Selain menjaga kesehatan secara fisik , yang tidak kalah pentingnya adalah kesehatan jiwa . kebahagiaan mental orang tua juga tidak kalah pentingnya untuk dijaga. Dengan kesehatan jiwa yang baik, kesehatan fisik lansia pun ikut terjaga.

Lansia juga dapat merasa kurang semangat karena tidak lagi bisa melakukan berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan ketika masih muda dulu. Hal ini lumrah terjadi pada orang tua yang memasuki masa pensiun. Kehilangan rutinitas dan status pekerjaan dapat otomatis akan mempengaruhi kepercayaan diri.

Lebih jauh lagi, situasi ini bisa memicu orang tua mengalami rasa jenuh dan bosan dan tidak nyaman dalam keseharian tanpa diisi kegiatan. Terlebih bila orang tua tadinya punya kegiatan aktif atau sudah bekerja dalam jangka waktu sangat panjang dan memiliki pangkat tinggi.

halun2022 3

Beban pikiran juga bisa datang dari rasa kehilangan. Kepergian teman, anggota keluarga, apalagi pasangan akan mendatangkan kecemasan untuk orang tua Anda. Kesedihan yang berlarut nantinya akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan lansia. Jika dibiarkan, orang tua Anda bisa mengalami gangguan tidur dan membuat risiko berbagai penyakit fisik lainnya.

Di sinilah dukungan keluarga menjadi hal yang sangat penting dimiliki oleh orang tua. Lansia yang memiliki hubungan baik dengan anak dan cucunya dapat memenuhi kebutuhan komunikasi serta interaksi yang diperlukan. Keakraban keluarga juga membantu mengatasi masalah kesepian yang dapat memicu depresi.

Dengan kegiatan ini diharapkan lansia dapat meningkatkan pengetahuan tentang bagaimana cara menjaga kesehatan fisik sesuai usia serta menjaga kesehatan mental agar bisa tetap bahagia di hari tua . Salam Sehat .

Copyright © 2023 RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. All Rights Reserved.