PUBLIC SAFETY CENTER ☎️ 0822 3333 1338

CALL CENTER COVID-19 ☎️ 0852 3688 4884

Dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien yang berobat jalan maupun yang dirawat inap di RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi disaat adanya pandemic COVID – 19, seluruh perawat maupun tenaga medis yang menjadi garda depan dalam memberikan pelayanan berusaha melindungi diri dengan memakai APD Lengkap, yang terdiri dari baju hazmat, faceshield dan sepatu boots sudah menjadi pemandangan sehari-hari di rumah sakit plat merah milik Pemerintah Kabupaten Blitar ini.

Disetiap ruangan perawatan terlihat warna-warni baju hazmat lengkap dengan faceshiekld yang dipakai oleh para tenaga kesehatan terlihat sangat beragam disamping itu untuk menjaga para tenaga kesehatan dan tenaga medis agar tidak tertular virus corona yang samapai saat ini masih belum ditemukan vaksinnya secara medis.

Lebih lanjut Direktur RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi dr Endah Woro Utami, terus memberikan motivasi bagi tenaga medis di rumah sakit agar tetap semangat untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dalam melayani masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

“Jadi pemakaian face shield ini sifatnya ajakan, karena kalau perintah bagi mereka justru dilaksanakan dengan berat. Beda kalau ajakan dengan bergaya pakai face shield, mereka akan semangat memakainya,” kata dr Endah Woro.Meskipun faceshield sudah disediakan oleh rumah sakit, tapi mereka tetap diperbolehkan untuk membeli faceshield sendiri yang saat ini sudah menjadi trend tersendiri dalam melindungi dari penularan virus corona – 19, yang tampaknya belum ada tanda-tanda mulai mereda.

“Namun yang terpenting adalah tenaga di rumah sakit tidak tertular. Ada gebrakan baru dengan menggunakan APD lengkap sesuai standar level 3. Tapi juga sesuai levelnya, kalau administrasi bisa level satu, namun kita mewajibkan memakai masker dan face shield. Upaya itu untuk melindungi diri tenaga kesehatan,” unkapnya

Selain itu, imbuh dr Endah Woro, pihaknya juga melakukan swab SDM di rumah sakit untuk memastikan kepada masyarakat bahwa tenaga medis benar-benar terbebas dari Covid-19. Karena kemungkinan jika hanya rapid test, masyarakat masih ragu. Secara bergantian, petugas medis melakukan swab. “Itu gebrakan awal kita. Karena kita harus cepat mengambil langkah antisipasi,” tandasnya.

Disamping itu dr Endah Woro menambahkan, rumah sakit akan menyiapkan pelayanan kesehatan dengan baik, tetapi pihaknya berharap masyarakat tetap berhati-hati. Namun meskipun pihaknya mendukung transisi menuju new normal atau masa adaptasi, masyarakat diharapkan harus tetap menggunakan masker, dan kalau perlu menggunakan face shield.

Himbauan untuk selalu memakai masker dan faceshield ini berlaku bagi seluruh karyawan dan karyawati yang bekerja di RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi tidak terkecuali bagi tenaga medis, tapi juga karyawan dan karyawati yang bekerja di ruang managemen serta diharapkan selalu menjaga kesehatan dan melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sesuai dengan porotokol kesehatan.

Bagi masyarakat pengguna layanan kesehatan di RSUD “Ngudi Waluyo” Wlingi tidak perlu khawatir lagi untuk datang dan berobat apabila memerlukan layanan kesehatan lanjutan, dikarenakan petugas kesehatan maupun sarana dan prasarana yang ada sudah memenuhi persyaratan dalam rangka menuju Era New Normal dalam memberikan layanan kesehatan sesuai dengan moto “MELAYANI SEPENUH HATI” (tz-humas)

Copyright © 2021 RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. All Rights Reserved.